Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Tepis Rumor Pengunduran Diri


Paus Fransiskus
Paus Fransiskus

Paus Fransiskus telah menepis rumor bahwa ia berencana mengundurkan diri dalam waktu dekat dan mengatakan dirinya berharap dapat mengunjungi Moskow dan Kyiv setelah melakukan perjalanan ke Kanada akhir bulan ini.

Fransiskus juga mengatakan kepada Reuters dalam wawancara yang diterbitkan hari Senin (4/7) bahwa gagasan untuk mengumumkan rencana pensiun pada akhir musim panas “tidak pernah terlintas dalam pikiran saya,” meski ia berulang kali mengatakan bahwa dirinya mungkin akan mundur suatu hari nanti seperti yang dilakukan Paus Emeritus Benediktus XVI pada 2013.

Ia mengungkapkan bahwa masalah lututnya, yang menyebabkan ia menggunakan kursi roda selama lebih dari sebulan, disebabkan oleh “patah tulang kecil” yang terjadi ketika ia terkilir saat ligamen lututnya meradang.

Ia mengaku lututnya “perlahan membaik” dengan terapi laser dan magnet.

Fransiskus terpaksa membatalkan rencana kunjungannya ke Kongo dan Sudan Selatan pekan ini setelah dokternya mengatakan bahwa ia masih perlu menjalani terapi. Ia mengatakan dirinya siap mengunjungi Kanada pada 24-30 Juli mendatang dan berharap bisa mengunjungi Rusia dan Ukraina setelahnya. [rd/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG