Tautan-tautan Akses

Paus Fransiskus Memulai Kunjungan di Peru


Paus Fransiskus melambaikan tangan ke arah jemaah di Keuskupan Lima, Peru, 18 Januari 2018.
Paus Fransiskus melambaikan tangan ke arah jemaah di Keuskupan Lima, Peru, 18 Januari 2018.

Paus Fransiskus tiba di Peru pada tahap akhir lawatan di Amerika Selatan, Kamis (18/1). Di Peru, Paus Fransiskus dijadwalkan akan bertemu dengan suku asli Peru dan mendengar langsung bagaimana penambangan emas di negara itu menghancurkan wilayah luas di tanah air mereka, di Amazon.

Sebelumnya, pada akhir kunjungan ke Chile, Paus menyoroti nasib para imigran yang rentan dan dengan keras membela seorang Uskup yang dituduh menutupi pelecehan seksual.

Di wilayah utara perbatasan Iquique, yang menurut dia merupakan "tanah impian" bagi banyak orang, Paus mengecam pelaku perdagangan manusia dan pihak-pihak lain yang memanfaatkan imigran tidak berdaya.

"Marilah kita mewaspadai orang-orang yang mengeksploitasi imigran yang tidak mengenal bahasa setempat atau tidak memiliki surat-surat yang diperlukan," kata Paus Fransiskus di depan sekitar 50 ribu jemaah yang menghadiri misa di tempat terbuka di Pantai Lobito, di Iquique.

Paus berusia 81 tahun itu dihadapkan pada berbagai masalah sensitif sejak mulai kunjungannya, Senin (16/1), dia menyampaikan permintaan maaf kepada korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh imam, berdoa dengan mereka yang selamat dari pemerintahan diktator Augusto Pinochet yang brutal, dan menyerukan perlindungan terhadap hak-hak masyarakat pribumi yang dianiaya di Chile. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG