Tautan-tautan Akses

Patung-Patung di Perancis Ditutup Masker Anti-polusi


Seorang demonstran memakaikan masker pada patung-patung dalam unjuk rasa memprotes polusi udara di place de la Concorde di Paris, on 31 Maret 2018. / AFP PHOTO / JACQUES DEMARTHON

Para aktivis, Sabtu (31/3), memasangkan masker ke patung-patung di Paris dan kota-kota lain di Perancis untuk mengingatkan apa yang mereka katakan adalah kegagalan Prancis dalam mengatasi polusi udara.

Protes itu bertepatan tenggat waktu bagi Perancis untuk menyampaikan rencana memperbaiki kekurangannya mengenai kualitas udara ke Komisi Eropa.

Dalam pernyataan bersama, organisasi lingkungan dan anti-polusi udara termasuk France Nature Environment, ANV-COP 21, Federasi Pengguna Sepeda dan Greenpeace, menyerukan kebijakan transportasi udara bersih.

Pada Februari 2017, Uni Eropa memerintahkan lima negara anggota termasuk Perancis, Inggris dan Jerman untuk memperketat pengawasan terhadap mobil penyebab polusi asap atau berisiko dikirim ke pengadilan tinggi Eropa.

Komisi itu mengatakan, kadar nitrogen dioksida yang "terus tinggi" menyebabkan 70 ribu kematian dini di Eropa pada 2013, tiga kali jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun yang sama.[ka/al]

XS
SM
MD
LG