Tautan-tautan Akses

Patraeus: Perang Afghanistan Catat Kemajuan


Pencapaian target penarikan pasukan pada Juli 2011, tergantung pada situasi keamanan nantinya.

Perang di Afghanistan mencatat kemajuan. Demikian menurut Komandan NATO dan AS di Afghanistan Jenderal David Patraeus. Tetapi, ia memperingatkan bahwa perang melawan Taliban merupakan proses yang berubah-ubah.

Dalam wawancara yang ditayangkan hari Minggu dalam acara "Meet the Press" di stasiun televisi NBC, Jenderal Petraeus menyebut tujuan perang di Afghanistan adalah mengalahkan Taliban dan mencegah Afghanistan kembali menjadi tempat berlindung ekstremis, yang datang dari berbagai negara.

Ia menyatakan pencarian terhadap pemimpin Al-Qaida, Osama bin Laden, masih menjadi prioritas tinggi bagi pasukan Amerika serta semua yang berjuang melawan teroris di seluruh dunia. Petraeus mengatakan bin Laden kemungkinan bersembunyi di wilayah pegunungan antara Afghanistan dan Pakistan.

Ia menyatakan bisa tidaknya target Presiden Amerika Barack Obama untuk memulai penarikan pasukan dari Afghanistan pada bulan Juli 2011, tergantung pada kondisi keamanan di lapangan.

Presiden Obama menetapkan bulan Juli 2011 sebagai awal penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan. Petraeus mengatakan ia akan memberi saran militer profesional terbaiknya dan tidak akan ragu-ragu untuk memberitahu Obama apabila penetapan waktu ini tidak realistis.

XS
SM
MD
LG