Tautan-tautan Akses

Pasukan yang Didukung AS Serang Sel ISIS yang Bangkit Kembali


Kombatan ISIS di Laghman.

Sebuah koalisi pimpinan AS terdiri dari pasukan khusus menyerang sebuah sel ISIS di Suriah serta menangkap pemimpinnya. Sel ini terkait dengan peningkatan serangan oleh ISIS di Deir el-Zour.

Pejabat koalisi pada Kamis (7/5) menyebut serangan ini sebagai sebuah kesuksesan, tetapi hanya memberikan sedikit rincian tentang serangan pada Rabu (6/5) itu. Serangan oleh pasukan koalsi itu juga menyertakan anggota dari Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF) yang didukung oleh AS.

Serangan ini merupakan paling sedikit serangan kedua di daerah Deir el-Zour selama minggu lalu. Sebuah operasi yang dipimpin SDF pada 1 Mei menghasilkan penangkapan sebuah sel ISIS di Hajin, yang mentargetkan pasukan dukungan AS di timur dari Deir el-Zour.

Serangan-serangan ini juga terjadi menyusul keprihatinan terus menerus dari para komandan SDF dengan apa yang mereka nilai merupakan peningkatan operasi ISIS selama bulan lalu.

Sebuah sumber yang dekat dengan SDF mengatakan kepada VOA bahwa banyak serangan itu menggunakan bom rakitan, tetapi serangan yang melibatkan pasukan ISIS juga semakin mematikan.

Pejabat koalisi mengakui bahwa ada alasan bagi keprihatinan itu, tetapi diingatkan, agar jangan menginterpretasikan kenaikan aktivitas itu sebagai pertanda ISIS sudah pulih kembali kekuatannya, baik di Suriah maupun Irak. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG