Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Rebut Kendali atas Provinsi Hama untuk Pertama Kali Sejak 2012


Tentara pemerintah Suriah mengacungkan tanda "V" (victory) atau kemenangan setelah merebut wilayah dari pemberontak di provinsi Hama.

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa pasukan pemerintah telah menguasai kembali seluruh provinsi Hama di utara untuk pertama kalinya sejak 2012 dan bahwa mereka telah mengepung pos pengawasan militer Turki di kota Morek. Presiden Turki Erdogan mengatakan bahwa ia akan membahas masalah tersebut dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika mereka bertemu minggu depan.

Pendukung pemerintah Suriah di Hama, kota terbesar keempat di negara itu, menembakkan kembang api ke udara semalam, setelah media pemerintah melaporkan bahwa militer Suriah telah merebut seluruh provinsi Hama utara untuk pertama kalinya sejak 2012. Seorang juru bicara Angkatan Darat Suriah mengumumkan kemenangan melalui TV pemerintah hari Jumat (23/8) malam.

Dia mengatakan pasukan Angkatan Darat Suriah telah meraih kemajuan di provinsi Hama di utara dan provinsi Idlib di selatan, menumpas kelompok-kelompok pemberontak bersenjata setelah menimbulkan banyak korban pada mereka, dan bahwa pasukan pemerintah bertekad melanjutkan operasi untuk membebaskan semua wilayah Suriah.

Seorang koresponden TV pemerintah Suriah di Hama utara melaporkan bahwa Angkatan Darat Suriah sedang memusnahkan ranjau-ranjau yang di wilayah yang baru direbut dari kelompok pemberontak dan telah membuka kembali jalan raya utama yang menghubungkan Damaskus dengan Aleppo.

Seorang perwira Angkatan Darat Suriah mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa "bagian terpenting dari merebut kembali daerah itu adalah bahwa hal itu akan memungkinkan banyak penduduk kota-kota (di provinsi Hama) untuk dapat kembali ke rumah mereka." (pp)

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG