Tautan-tautan Akses

Pasukan Suriah Pecahkan Kepungan ISIS terhadap Kota Deir el-Zour


Pasukan Suriah berdiri di dekat tulisan "Selamat Datang di Deir el-Zour", Suriah timur yang dalam tiga tahun terakhir dikuasai ISIS (3/9).

Para aktivis Suriah dan media pemerintah hari Selasa mengatakan, tentara pemerintah memecahkan pengepungan hampir tiga tahun oleh militan Negara Islam atau ISIS di Deir el-Zour, Suriah timur.

Laporan tersebut mengatakan bahwa pasukan pemerintah mencapai sebuah pangkalan udara utama di ujung barat kota itu. Setelah pemberontakan di Suriah tahun 2011, kelompok pemberontak dan jihadis merebut kota Deir el-Zour dan provinsi dengan nama yang sama. ISIS menguasai wilayah itu pada tahun 2014.

Perkiraan jumlah orang yang tinggal di kota itu sangat bervariasi. Kelompopk yang menyebut dirinya Syrian Observatory atau pemantau Suriah, mengatakan bahwa populasi tersebut telah menyusut menjadi sekitar 150.000, separuh dari jumlah sebelum pecahnya perang saudara Suriah.

Deir el-Zour adalah hadiah besar bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad karena kota itu merupakan pusat industri minyak negara tersebut. Sementara pasukan Suriah telah maju ke arah timur dalam beberapa bulan ini, pemerintah telah menguasai kembali ladang minyak dan gas bumi. [lt]

XS
SM
MD
LG