Tautan-tautan Akses

Pasukan Somalia, Uni Afrika Rebut Kota yang Dikuasai Al-Shabab


Kawasan Lower Shabelle sekitar 200 km arah barat daya dari Ibu Kota Somalia, Mogadishu, yang dikuasai militan Al-Shahab, 5 Oktober 2014. (Foto: AFP/arsip)

Warga dan para pejabat mengatakan pasukan pemerintah Somalia, yang didukung pasukan Uni Afrika, telah merebut sebuah kota strategis di wilayah Shabelle Rendah dari kelompok militan al-Shabab, serta membebaskan puluhan anak.

Kota Kuntuwaarey, di sebelah barat daya Somalia yang terletak 208 kilometer dari Ibu Kota Somalia, Mogadishu, selama bertahun-tahun merupakan kubu strategis al-Shabab.

Tentara Nasional Somalia, yang didukung unit-unit dari pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika, telah merebut kota strategis itu dari militan," kata Isaq Ali Subag, menteri keamanan dalam negeri kawasan itu. Subag mengatakan al-Shabab telah menggunakan kota itu sebagai markas untuk melancarkan serangan terhadap kota-kota di kawasan itu yang dikontrol pemerintah Somalia.

“Militan telah menggunakan kota itu sebagai pangkalan militer untuk mengatur berbagai serangan di beberapa bagian lain kawasan itu, dan untuk menjalankan pengadilan yang memberlakukan pajak dan hukuman tidak adil lain kepada rakyat tak bersalah,” katanya.

Al-Shabab telah kehilangan kontrol atas beberapa kota di masa lalu, tapi masih mengendalikan sejumlah wilayah besar di desa-desa dan di kota-kota besar, termasuk Mogadishu. Kelompok itu masih mampu melakukan pembunuhan berencana dan serangan bunuh diri. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG