Tautan-tautan Akses

Pasukan Pemerintah Afghanistan, Taliban Bertempur Memperebutkan Lashkargah


Pasukan keamanan Afghanistan di provinsi Helmand. (Foto: dok).
Pasukan keamanan Afghanistan di provinsi Helmand. (Foto: dok).

Para pejabat di Afghanistan, Senin (12/10), mengatakan pasukan keamanan terlibat pertempuran sengit dengan pemberontak Taliban untuk mencegah mereka merebut ibukota provinsi Helmand.

Militer AS mengonfirmasi pihaknya juga telah melakukan beberapa serangan terarah di Helmand untuk membela pasukan keamanan Afghanistan melawan pemberontakan Taliban, mendesak para pemberontak itu untuk segera menghentikan serangan mereka.

Pertempuran beberapa hari untuk memperebutkan kontrol atas Lashkargah dikabarkan telah menyebabkan puluhan pejuang tewas di kedua pihak.

Lashkargah, Afghanistan.
Lashkargah, Afghanistan.

Warga sipil juga terjebak dalam baku tembak itu. Penduduk kota yang bergolak itu mengatakan kepada VOA bahwa Taliban telah mencapai kemajuan teritorial dalam bentrokan semalaman di Lashkargah dan sekitarnya. Para pemberontak mengontrol atau memperebutkan sebagian besar distrik di Helmand.

Kekerasan terus bergejolak meskipun pemerintah Afghanistan dan utusan Taliban terlibat dalam perundingan damai langsung yang dimediasi AS di Doha, Qatar, di mana para pemberontak memiliki kantor politik.

Seorang pejabat pemerintah provinsi mengatakan kepada VOA bahwa serangan balasan berkelanjutan oleh pasukan komando Afghanistan, didukung angkatan udara, telah menghambat kemajuan Taliban, menewaskan dan melukai puluhan pejuang pemberontak. Tapi Omar Zawak enggan mengatakan apakah wilayah-wilayah itu telah direbut kembali. Dia mengonfirmasi empat personil Afghanistan tewas dalam pertempuran Minggu malam (11/10). Sumber-sumber Taliban mengklaim para pemberontak menewaskan banyak korban di pihak pasukan pemerintah. Klaim-klaim kedua pihak itu sulit diverifikasi secara independen. (vm/lt)

Recommended

XS
SM
MD
LG