Tautan-tautan Akses

Pasukan PBB di Darfur Dapati Desa Tanpa Penghuni


Pasukan penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Darfur atau UNAMID (foto: dok).
Pasukan penjaga perdamaian PBB yang bertugas di Darfur atau UNAMID (foto: dok).

Pasukan penjaga perdamaian di wilayah Darfur, Sudan, mengatakan sebuah desa yang dilaporkan telah diserang pekan lalu kini “sepenuhnya tak berpenghuni.”

Misi PBB-Uni Afrika di Darfur, UNAMID, hari Kamis mengatakan sebuah tim mengunjungi desa Sigli di negara bagian Darfur utara pekan ini untuk memverifikasi serangan itu.

Misi PBB-Uni Afrika mengatakan tim itu mendapati rumah-rumah yang hangus terbakar, hewan-hewan dibunuh, dan berbagai tindakan ‘bumi hangus’ lainnya. Dikatakan, tim itu juga melihat “tanda-tanda orang berangkat secara mendadak.”

UNAMID mengatakan bahwa menurut laporan yang diterimanya, serangan terhadap warga sipil di Sigli 2 November mengakibatkan kematian, penculikan satu orang dan pengungsian penduduk besar-besaran.

Misi itu mendesak pemerintah Sudan agar segera menyelidiki insiden tersebut dan membawa para pelakunya yang tidak diketahui identitasnya ke pengadilan.

Pemberontak di Darfur bertempur melawan pemerintah Sudan sejak 2003. UNAMID mencatat bahwa kekerasan terbaru di Darfur itu disebabkan oleh pertempuran antar-golongan dan kelompok-kelompok bersenjata yang menyerang warga sipil. Dikatakan bentrokan antar-kelompok pemberontak dan pemerintah terjadi secara sporadis.

Recommended

XS
SM
MD
LG