Tautan-tautan Akses

Pasukan Pakistan Gerebek Tempat Persembunyian Taliban, 2 Tewas


Tentara Pakistan berjaga di perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan di Angore Adda, Pakistan, 18 Oktober 2017. (Foto: dok).
Tentara Pakistan berjaga di perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan di Angore Adda, Pakistan, 18 Oktober 2017. (Foto: dok).

Pasukan keamanan Pakistan, Senin (18/1), menggerebek sebuah tempat persembunyian Taliban di bekas kubu pertahanan kelompok pemberontak itu di barat laut negara tersebut. Penggerebekan itu menewaskan dua militan Taliban, termasuk seorang yang dicurigai terlibat dalam serangan Oktober lalu yang menewaskan enam tentara Pakistan.

Dalam sebuah pernyataannya, militer Pakistan mengatakan, seorang tersangka militan lainnya berhasil ditangkap dalam penggerebekan di distrik Waziristan Selatan, provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Militer Pakistan mengatakan, mereka bertindak setelah mendapat informasi intelijen.

Militer Pakistan dalam beberapa bulan terakhir memang meningkatkan serangan terhadap kelompok militan di bekas wilayah-wilayah kesukuan yang berbatasan dengan Afghanistan. Mereka khawatir para pemberontak berkumpul kembali dan menghimpun kekuatan di sana.

Distrik Waziristan Utara dan distrik Waziristan Selatan sebelumnya berfungsi sebagai pangkalan utama bagi militan lokal dan asing. Namun, pada 2015, militer Pakistan berhasil mengamankan wilayah tersebut melalui serangkaian operasi.

Taliban Pakistan, yang juga dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan, adalah kelompok pemberontak yang terpisah dari Taliban Afghanistan. Meski demikian, kelompok militan Pakistan sering kali memiliki kaitan dengan kelompok Taliban di Afghanistan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG