Tautan-tautan Akses

Pasukan Israel Bunuh Warga Palestina di Tepi Barat


Peta wilayah Israel dan Palestinian.
Peta wilayah Israel dan Palestinian.

Para pejabat Palestina mengatakan pasukan Israel menembak mati seorang lelaki Palestina, Kamis (12/1) di wilayah pendudukan Tepi Barat. Kementerian kesehatan Palestina mengatakan penembakan itu terjadi pada penggerebekan di kamp pengungsi Qalandiya. Samir Aoni Harbi Aslan (41), tewas karena luka tembak di dadanya oleh pasukan pendudukan Israel dalam serangan di kamp Qalandiya di dekat Ramallah, kata kementerian.

Militer Israel mengatakan pasukannya dilempari dengan batu sewaktu mereka melakukan operasi tersebut di Qalandiya, dan bahwa mereka menanggapinya dengan tembakan peluru tajam.

Aslan adalah orang Palestina ketiga yang tewas di Tepi Barat dalam 24 jam, dan yang ketujuh sejak awal tahun ini.

Dilantiknya pemerintah yang berhaluan paling ekstrem kanan dalam sejarah Israel, yang dipimpin Benjamin Netanyahu pada bulan lalu, telah memicu kekhawatiran mengenai eskalasi militer di Tepi Barat yang diduduki Israel sejak Perang Enam Hari tahun 1967.

Tahun lalu adalah tahun paling banyak menewaskan korban di Tepi Barat sejak PBB mulai melakukan pencatatan pada tahun 2005, dengan lebih dari 150 orang Palestina tewas, kata badan dunia itu Desember lalu. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG