Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Kembali ke Filipina untuk Menangkal Ancaman China


Marinir AS memberi hormat saat upacara pembukaan latihan militer gabungan tahunan "Kerja Sama Pejuang Laut" di Fort Bonifacio, kota Taguig, Filipina pada 3 Oktober 2022. (Foto: AP)
Marinir AS memberi hormat saat upacara pembukaan latihan militer gabungan tahunan "Kerja Sama Pejuang Laut" di Fort Bonifacio, kota Taguig, Filipina pada 3 Oktober 2022. (Foto: AP)

Bunker dan barak amunisi yang dulunya rahasia dan kini terbengkalai, kosong, dan ditumbuhi rumput liar mungkin akan berubah dalam waktu dekat. Lokasi itu merupakan sisa-sisa kekuatan pasukan Amerika di bekas pangkalan angkatan laut luar negeri terbesar AS di Teluk Subic di Filipina utara.

AS telah mengambil langkah-langkah untuk membangun kembali kekuatan militernya di Filipina lebih dari 30 tahun setelah penutupan pangkalan besarnya di negara itu dan memperkuat busur aliansi militer di Asia dalam era pasca-Perang Dingin yang sangat berbeda ketika China yang semakin agresif dianggap sebagai ancaman baru di kawasan itu.

Pada 2 Februari, kedua sekutu lama itu mengumumkan bahwa pasukan Amerika akan diberi akses ke empat kamp militer Filipina selain dari lima pangkalan lokal lainnya, di mana konstruksi yang didanai A.S. mengakomodasi kunjungan pasukan yang belum ditentukan tetapi diharapkan cukup banyak di bawah pakta pertahanan 2014.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan dalam kunjungannya di Manila pada pekan lalu bahwa Washington tidak berusaha membangun kembali pangkalan permanen, tetapi kesepakatan untuk memperluas kehadiran militernya di bawah Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang Ditingkatkan adalah “hal besar.”

“Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memodernisasi aliansi kami, dan upaya ini sangat penting karena Republik Rakyat China terus meningkatkan klaim tidak sahnya di Laut Filipina Barat,” kata Austin pada konferensi pers di Manila.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan penguatan militer AS di kawasan itu akan meningkatkan ketegangan dan mempertaruhkan perdamaian dan stabilitas. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG