Tautan-tautan Akses

Pasukan Afghanistan Selamatkan Pekerja Kemanusiaan Australia


Katherine Jane Wilson (Foto:NDS/courtesy picture)
Katherine Jane Wilson (Foto:NDS/courtesy picture)

Badan intelijen Afghanistan, Direktorat Keamanan Nasional (NDS), Senin (29/8) mengatakan pasukan khusus melancarkan operasi pembebasan Kerry Jane Wilson (60 tahun) dan menangkap empat orang tersangka sehubungan dengan penculikan itu.

Pihak berwenang di Afghanistan mengatakan pasukan keamanan berhasil menolong seorang pekerja bantuan kemanusiaan warga Australia, empat bulan setelah dia diculik dengan todongan senjata dari kantornya di timur negara itu.

Dua orang pria bersenjata yang menyamar sebagai perwira intelijen Afghanistan menculik Katherine (Kerry) Jane Wilson (60 tahun), bulan April dari kantor organisasi amalnya di Jalalabad, ibukota provinsi Nangarhar yang gawat itu.

Badan intelijen Afghanistan, Direktorat Keamanan Nasional (NDS), Senin (29/8) mengatakan pasukan khusus melancarkan operasi pertolongan untuk pembebasan Wilson dan menangkap empat orang tersangka sehubungan dengan penculikan itu. Penyelidikan telah dilancarkan, katanya, tetapi tidak memberi keterangan lebih lanjut.

Jalalabad, Afghanistan
Jalalabad, Afghanistan

Menteri Luar Negeri Australia Juli Bishop mengukuhkan Wilson telah dibebaskan tanpa cedera dan mengucapkan terima kasih kepada pihak berwenang Afghanistan.

“Saya sangat menghargai tugas yang dilakukan oleh pihak berwenang di Afghanistan yang dukungan dan bantuannya memperlancar pembebasannya, serta staff konsuler Australia yang terus memberi bantuan kepada Wilson dan keluarganya,” kata Bishop dalam pernyataan.

Badan amal Wilson, Zardozi, membantu perempuan di Afghanistan memulai kegiatan usaha mereka. Dia telah bekerja dari Kabul selama hampir 20 tahun. Tidak jelas siapa yang mendalangi penculikannya. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG