Tautan-tautan Akses

Pasar Lapangan Pekerjaan Amerika Masih Stabil


Amerika
Amerika

Jumlah orang Amerika yang mengajukan permintaan tunjangan pengangguran minggu lalu naik 8.000 menjadi 339.000, bukti bahwa PHK meningkat.

Kenaikan permintaan tunjangan pengangguran tersebut tidak terlalu besar untuk mengindikasikan pasar lowongan kerja Amerika kini memburuk.

Departemen Perburuhan Amerika hari Kamis mengatakan jumlah rata-rata permintaan per bulan, yang tidak begitu bergejolak, naik 3.500 menjadi 336.750. Angka itu konsisten dengan level pra-resesi dan mengisyaratkan bahwa, meski naik minggu lalu, para pengusaha tidak banyak melakukan PHK. Permintaan tunjangan pengangguran berarti PHK.

Angka minggu lalu mungkin juga naik akibat cuaca dingin, yang bisa membuat perusahaan konstruksi dan lainnya menghentikan proyek.

Total 3,52 juta orang Amerika menerima tunjangan pengangguran per 25 Januari , data terbaru yang tersedia, naik dari 3,47 juta minggu sebelumnya.

Data itu menunjukkan pasar lapangan kerja masih stabil meski lemahnya penerimaan pegawai dalam dua bulan ini. Pertumbuhan lowongan kerja yang tak seberapa bulan Desember dan Januari memicu kekhawatiran ekonomi Amerika kehilangan momentum tahun ini. Kalangan ekonom tidak terlalu prihatin dengan naiknya jumlah permintaan tunjangan itu.
XS
SM
MD
LG