Tautan-tautan Akses

Partai yang Berkuasa di Afrika Selatan Pilih Ketua Baru


Winnie Madikizela-Mandela (tengah), memeluk calon unggulan Partai ANC dan Wakil Presiden Cyril Ramaphosa (kanan) dan Presiden Jacob Zuma (kiri), saat dimulainya pemungutan suara untuk memilih kpemimpin partai Kongres Nasional Afrika (ANC) di Johannesburg, 16 Desember 2017.

Para delegasi dari partai yang berkuasa ANC di Afrika Selatan mulai pemungutan suara Senin pagi (18/12) untuk memilih pemimpin mereka berikutnya, dalam pemilihan yang dipandang luas sebagai pemilihan orang yang kemungkinan besar akan menjadi presiden berikut negara itu.

Hampir 5.000 orang anggota Kongres Nasional Afrika semula hendak memberi suara hari Minggu (17/12) di Johannesburg, tetapi proses tersebut ditangguhkan.

Pemimpin partai yang baru akan menggantikan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, yang akan turun dari jabatan ditengah-tengah banyaknya skandal korupsi. Zuma akan tetap sebagai presiden sampai pemilu nasional dalam tahun 2019.

Calon-calon ketua ANC adalah Wakil Presiden Cyril Ramaphosa dan mantan menteri Nkosazana Diamini-Zuma, yang pernah menikah dengan Presiden Zuma.

ANC telah memenangkan mayoritas dalam setiap pemilu nasional, sejak awal demokrasi dalam tahun 1994. [gp]

XS
SM
MD
LG