Tautan-tautan Akses

Partai Suu Kyi Diperkirakan Kembali Menang Pemilu Myanmar


Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi mengibarkan bendera Partai Liga Nasional untuk Demokrasi dalam sebuah upacara untuk menandai hari pertama kampanye pemilu di markas sementara partai di Naypyitaw, Myanmar pada Selasa, 8 September 2020. (Foto: AP)

Rakyat Myanmar akan pergi ke TPS-TPS, Minggu (8/11), untuk memberikan suara mereka. Partai Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), banyak diperkirakan akan kembali menang.

Namun, dengan diberlakukannya langkah-langkah untuk memerangi virus corona yang mengacaukan kampanye, dan konflik bersenjata yang memusnahkan sebagian suara pemilih di beberapa wilayah negara itu, muncul pertanyaan mengenai keabsahan proses pemilihan.

Suu Kyi memimpin NLD meraih kemenangan lima tahun lalu, mengakhiri setengah abad pemerintahan militer dan pemerintahan yang didukung militer. Sejumlah kecil pemilih yang meragukan Suu Kyi, kemungkinan akan tetap memilih partai Suu Kyi, meskipun ada 91 partai yang dapat dipilih pada pemilu kali ini.

Bagi mayoritas dari 37 juta pemilih terdaftar di Myanmar, Suu Kyi tetap merupakan pahlawan mereka; putri pemimpin kemerdekaan negara; dan wanita tangguh yang berani melawan militer.

Richard Horsey, analis politik yang berbasis di Yangon, mengatakan, "Saya pikir itu benar-benar dukungan pribadi, bahkan cinta yang dimiliki banyak orang untuk Aung San Suu Kyi, tanpa memperhitungkan bagaimana kinerja administrasi pemerintahnya, bagaimana kinerja ekonomi dan sebagainya.”

Kasus Covid-19, yang melonjak signifikan secara nasional dalam beberapa pekan terakhir, memberikan pengaruh besar terhadap proses kampanye dan pemberian suara.

Khawatir pemilu kehilangan makna, lebih dari 20 partai politik meminta penundaan.Namun, Komisi Pemilu menolak, sehingga menimbulkan kemarahan sejumlah partai politik dan, dan bahkan keributan di kalangan militer. [ab/uh]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG