Tautan-tautan Akses

AS

Partai Republik Kutuk Kelompok Supremasi Kulit Putih


Jeff Kent memimpin salah satu sesi pada pertemuan Komite Nasional Partai Republik, RNC di Nashville, Tennessee (24/8).

Komite Nasional Partai Republik, RNC, mengutuk kelompok-kelompok supremasi kulit putih tetapi tidak menyebut pernyataan Presiden Trump terkait kekerasan bulan ini di Charlottsville, Virginia.

Bertemu di Nashville, Tennessee, RNC menyetujui berbagai resolusi hari Jumat, termasuk satu yang mengatakan, “Nazi, KKK, supremasi kulit putih, dan yang lain adalah jahat dan menjijikkan dan tidak ada tempat bagi mereka di Amerika.”

Resolusi itu tidak menyebut tanggapan Trump pada insiden di Charlottsville dimana seorang pengikut supremasi kulit putih dituduh menubrukkan mobilnya ke arah kerumunan pendemo tandingan yang sedang dalam perjalanan pulang, menewaskan satu orang.

“Ini tidak ada kaitannya dengan Presiden,” kata sponsor resolusi, Bill Palatucci, seorang anggota RNC dari New Jersey. “Ini adalah RNC mengatakan bahwa tidak ada tempat bagi rasisme di Amerika.”

Trump dikecam dari kalangan Demokrat maupun Republik karena tidak segera mengecam kelompok-kelompok supremasi kulit putih yang mengorganisasi unjuk rasa di Charlottsvile.

Trump kemudian mengatakan pada beberapa kesempatan bahwa ia mengutuk kelompok supremasi kulit putih yang terlibat dalam kekerasan dengan para pendemo tandingan. [ds]

XS
SM
MD
LG