Tautan-tautan Akses

Partai-partai Oposisi Slovakia Siap Bentuk Pemerintahan Baru


Partai berhaluan kiri yang dipimpin oleh perdana menteri saat ini, Robert Fico, mendapat suara terbanyak.

Partai-partai oposisi Slovakia yang berhaluan kanan siap membentuk pemerintahan baru setelah pemilihan nasional hari Sabtu.

Penghitungan yang hampir tuntas pada hari Minggu menunjukkan partai-partai utama Slovakia meraih total 79 kursi di parlemen.

Partai kiri Smer yang dipimpin Perdana Menteri saat ini, Robert Fico, meraih 36 kursi, perolehan terbanyak yang direbut oleh satu partai. Robert Fico pada hari Minggu, mengatakan ia berpeluang untuk melanjutkan jabatannya, tapi ia mengatakan akan menghormati pemerintah tengah kanan, jika kelompok itu berhasil membentuk koalisi dengan Smer.

Skandal dan perekonomian yang bermasalah menyebabkan Robert Fico rentan terhadap tantangan dari partai-partai berhaluan kanan.

Smer berjanji tidak akan memangkas tunjangan kesejahteraan seperti negara-negara Eropa lain, tetapi skandal penggalangan dana baru-baru ini dituding merusak prospek Robert Fico dalam pemilu.

Partai-partai berhaluan kanan Slovakia juga berjanji akan menerapkan reformasi ekonomi. Iveta Radicova, pemimpin partai oposisi utama, Persatuan Kristen Demokrat (SDKU), pada hari Minggu menyatakan rakyat Slovakia telah memilih pihak yang bertanggungjawab.

XS
SM
MD
LG