Tautan-tautan Akses

Partai-partai Australia Sibuk Galang Koalisi


Pemilu hari Sabtu tidak menghasilkan pemenang mutlak, sehingga PM Julia Gillard dan lawan-lawannya menyusun strategi berkoalisi.

Pemilu yang berimbang pada hari Sabtu mendorong dua kandidat perdana menteri Australia hari Minggu berupaya menyusun koalisi-koalisi minoritas.

Perdana Menteri dari Partai Buruh Julia Gillard hari ini mengatakan ia telah mengadakan pembicaraan awal dengan empat anggota parlemen independen dan seorang dari Green Party mengenai pembentukan pemerintahan, tetapi belum ada kesepakatan.

Pemimpin oposisi Liberal-Nasional Tony Abbott mengatakan ia juga telah menghubungi sejumlah anggota parlemen independen. Ia mengatakan hasil ketat pemilu menunjukkan rakyat menginginkan pergantian pemerintahan.

Hasil sementara dari pemilu yang berlangsung hari Sabtu, menunjukkan tidak ada partai yang akan mendapat mayoritas sebanyak 76 kursi dalam parlemen yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan. Para pejabat mengatakan akan perlu berhari-hari untuk mengetahui siapa yang akan memerintah negara ini. Ini akan menjadi pemerintahan koalisi untuk pertama kalinya di Australia selama 70 tahun terakhir.

XS
SM
MD
LG