Tautan-tautan Akses

Partai Oposisi Utama Afsel Ajak Warga Sudahi Kekuasaan Partai ANC


John Steenhuisen, pemimpin Aliansi Demokratik, berbicara kepada para pendukungnya pada rapat umum pemilu di Benoni, Afrika Selatan Minggu 26 Mei 2024.
John Steenhuisen, pemimpin Aliansi Demokratik, berbicara kepada para pendukungnya pada rapat umum pemilu di Benoni, Afrika Selatan Minggu 26 Mei 2024.

Partai oposisi utama Afrika Selatan, Aliansi Demokratik, pada hari Minggu (26/5) menyampaikan permohonan terakhir kepada seluruh warga Afrika Selatan untuk menyudahi kekuasaan Kongres Nasional Afrika (ANC) yang berkuasa. Hal ini dipaparkan pada hari terakhir kampanye menjelang pemungutan suara minggu depan.

Aliansi Demokratik adalah partai oposisi terbesar di Afrika Selatan, dan telah mengumpulkan beberapa partai oposisi yang lebih kecil untuk membentuk pakta – yang dikenal sebagai “Piagam Multi Partai Untuk Afrika Selatan (Multi-Party Charter for South Africa) – yang akan membuat sekelompok partai politik menggabungkan suara mereka untuk menantang ANC yang berkuasa.

Pawai hari Minggu ini bertepatan dengan demonstrasi partai oposisi yang lebih kecil, Partai Kebebasan Inkatha, yang menguasai provinsi KwaZulu Natal yang padat penduduknya dan berkomitmen untuk bekerjasama dengan kelompok oposisi utama.

Jajak pendapat baru-baru ini dan analisa sejumlah pakar memperkirakan ANC akan memperoleh kurang dari 50% suara nasional. Aliansi Demokratik berada di bawah tekanan karena menurunnya dukungan dalam pemilu nasional lalu, dan mundurnya sejumlah mantan pemimpinnya untuk membentuk partai politik baru guna bersaing dalam pemilu. [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG