Tautan-tautan Akses

Partai Oposisi Taiwan Pilih Wali Kota Populer sebagai Calon Presiden


Wali kota New Taipei City Hou Yu-ih menyampaikan pidato saat konferensi pers di Taipei, Taiwan, Rabu, 17 Mei 2023. (AP/Chiang Ying-ying)
Wali kota New Taipei City Hou Yu-ih menyampaikan pidato saat konferensi pers di Taipei, Taiwan, Rabu, 17 Mei 2023. (AP/Chiang Ying-ying)

Partai oposisi terbesar di Taiwan, Kuomintang atau KMT, telah memilih politisi lokal yang populer sebagai kandidat untuk pemilihan presiden pulau itu yang akan datang. Pria itu dianggap sebagai harapan terbaiknya untuk kembali berkuasa setelah delapan tahun dan untuk memperbaiki hubungan dengan China.

Mantan kepala Badan Kepolisian Nasional Taiwan, dan wali kota New Taipei City yang sangat populer, Hou Yu-ih yang berusia 65 tahun dianggap sebagai pemula dalam urusan hubungan dengan China atau urusan internasional. Namun dia juga dipandang sebagai seseorang, yang menurut para analis, dapat menarik pemilih yang lebih luas pada saat Taiwan menghadapi ancaman yang semakin bermusuhan dari China dan kekhawatiran internasional bahwa pulau itu bisa menjadi Ukraina berikutnya.

“Terutama pada tahap ini, situasi internasional sangat sengit dan berbahaya bagi negara kita. Situasi politik dalam negeri saling bertentangan dan konfrontatif, dan banyak hal yang harus diselesaikan, kaum muda yang tidak punya masa depan yang baik,” kata Hou ketika berbicara dalam jumpa pers setelah partainya mengukuhkan pencalonannya.

“Kita harus melakukan perombakan besar dan kembali berkuasa. … Hanya dengan mengubah partai politik, kita dapat menyelamatkan negara dan menyelamatkan Taiwan!” tambahnya.

Politisi populer

Untuk melakukan perubahan, KMT mengandalkan cara-cara agar Hou berbeda dari banyak calon presiden sebelumnya, kata para analis.

Pada masa lalu, banyak kandidat partai memiliki hubungan dengan China dan merupakan bagian dari keluarga yang melarikan diri ke Taiwan setelah KMT kalah dalam perang saudara di China daratan, berperang melawan komunis.

Akar keluarga Hou di pulau itu telah ada selama berabad-abad. Ayahnya menjual daging babi dan Hou bekerja selama bertahun-tahun sebagai seorang polisi dan kemudian menjabat sebagai kepala Badan Kepolisian Nasional. Dia membantu menyelesaikan beberapa kasus kejahatan terbesar di Taiwan, termasuk pembunuhan dan penculikan.

Dia akhirnya menjadi wakil dan kemudian wali kota New Taipei City, kota metropolis terpadat di Taiwan, dan memenangkan pemilihan kembali dengan telak tahun lalu.

Mengelola persepsi untuk tidak terlihat terlalu dekat dengan China yang telah meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan selama setahun terakhir – sambil juga meredakan ketegangan adalah apa yang diharapkan KMT dari Hou Yu-ih. [lt/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG