Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif Yunani Diproyeksikan Menang Pemilu


Para pendukung konservatif menunggu hasil-hasil pemilu parlemen Yunani di luar markas Partai Demokrasi Baru di Athena (17/6),
Para pendukung konservatif menunggu hasil-hasil pemilu parlemen Yunani di luar markas Partai Demokrasi Baru di Athena (17/6),

Partai Demokrasi Baru yang konservatif diproyeksikan menang dalam pemilihan anggota DPR Yunani yang sedang berlangsung.

Perkiraan resmi menunjukkan partai itu mendapati 29,5 persen suara, dan partai kiri Syriza 27,1 persen.

Hasil pemilihan akan menentukan masa depan negara yang dilanda hutang itu dalam perkumpulan 17 negara yang menggunakan mata uang Euro.

Partai Demokrasi Baru yang konservatif dan partai kiri Syriza yang radikal, bertekad akan membentuk pemerintahan yang akan merundingkan kembali langkah-langkah penghematan ketat yang disyaratkan oleh Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional supaya negara itu bisa mendapat dana talangan yang besar.

Antonis samaras, pemimpin partai Demokrasi Baru, mengecam saingannya Alexis Tsipras menjalankan kebijakan yang katanya akan lebih mempergawat situasi di Yunani.

Tsipras, ketua partai Syriza, ingin membatalkan paket penghematan yang dipaksakan uni Eropa dan IMF itu. Pemilihan umum yang diadakan bulan lalu tidak berhasil membentuk pemerintahan koalisi, sehingga harus diadakan pemilihan umum baru.

Recommended

XS
SM
MD
LG