Tautan-tautan Akses

Partai Komunis Yunani Protes Penghematan Pemerintah


Ribuan pendukung Partai Komunis berpawai di seluruh Athena seraya meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah, Sabtu.

Ribuan pendukung Partai Komunis Yunani berpawai di seluruh wilayah pusat Athena hari Sabtu guna memrotes langkah penghematan yang ketat oleh pemerintah sosialis Yunani.

Peserta pawai mengibar-ngibarkan bendera seraya meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah sebelum dibubarkan tanpa insiden.

Yunani menaikkan pajak, membekukan gaji pegawai negeri, dan mengurangi pensiun sebagai imbalan atas bailout dari Uni Eropa dan IMF sebesar 140 miliar dolar yang bertujuan untuk menyelamatkan negara itu dari kebangkrutan.

Pemerintah Yunani menerima angsuran pertama sebesar tujuh miliar dolar hari Rabu, tetapi ribuan orang berdemonstransi di Athena mengecam transaksi itu. Beberapa dari mereka mengibarkan spanduk yang memperingatkan bahwa bailout itu akan menggirng negara itu kepada kelaparan.

Dua serikat buruh utama Yunani telah menyerukan aksi mogok masal tanggal 20 Mei. Aksi mogok serupa terjadi minggu lalu yang berubah menjadi aksi kekerasan ketika pemrotes membakar sebuah bank di Athena, menewaskan tiga orang.

XS
SM
MD
LG