Tautan-tautan Akses

Parlemen Yunani Setujui Langkah Penghematan


Pasukan keamanan Yunani memadamkan kebakaran akibat bom molotov yang dilemparkan para demonstran di Athena yang memrotes langkah-langkah penghematan (19/10).
Pasukan keamanan Yunani memadamkan kebakaran akibat bom molotov yang dilemparkan para demonstran di Athena yang memrotes langkah-langkah penghematan (19/10).

Kesepakatan parlemen itu memastikan Yunani akan mendapat kucuran 11 milyar dolar sebagai bagian dari paket talangan 159 milyar dolar tahun lalu.

Parlemen Yunani hari Kamis menyetujui langkah-langkah penghematan baru untuk memenuhi ketentuan kreditor-kreditor internasional sehari setelah terjadi protes rusuh menentang langkah terbaru pemerintah menaikkan pajak dan mengurangi gaji.

Hanya satu dari seluruh legislator Sosialis yang berkuasa yang tidak memberikan suara mendukung rencana pengurangan anggaran itu. Hasil pemungutan suara itu memastikan bahwa Yunani akan mendapat kucuran 11 milyar dolar sebagai bagian dari paket talangan 159 milyar dolar tahun lalu, dan menghindari penunggakan hutang internasionalnya bulan depan.

Para pemimpin eurozone akan melakukan pertemuan puncak di Brussel akhir pekan ini. Kanselir Jerman Angela Merkel dan presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan, mereka akan berusaha memperkuat dana talangan Eropa, meningkatkan pendanaan untuk bank-bank dan memperkuat integrasi ekonomi di seluruh eurozone.

Gedung Putih hari Kamis mengeluarkan pernyataan memuji Merkel dan Sarkozy yang bekerja keras mengembangkan solusi tuntas dan berkesinambungan untuk mengatasi krisis.

XS
SM
MD
LG