Tautan-tautan Akses

Parlemen Australia Kecam Mantan PM Morrison atas Jabatan Rahasia


Mantan PMAustralia Scott Morrison di Sydney, Rabu, 17 Agustus 2022. Morrison membela keputusannya untuk secara diam-diam mengangkat dirinya sendiri ke lima peran menteri saat masih menjadi PM. (Gambar AAP/Flavio Brancaleone)

Parlemen Australia pada Rabu (30/11) memutuskan untuk mengecam mantan PM Scott Morrison dari Partai Liberal setelah suatu penyelidikan mendapati bahwa pengangkatan dirinya secara diam-diam untuk menjabat di beberapa kementerian selama pandemi COVID-19 telah merusak kepercayaan terhadap pemerintah.

Morrison, yang kehilangan kekuasaan dalam pemilihan umum Mei lalu, secara diam-diam mengambil lima peran kementerian – kesehatan, keuangan, bendahara, sumber daya dan urusan dalam negeri - selama pandemi.

Mosi bersejarah itu, yang diajukan oleh Partai Buruh yang berkuasa, lolos dengan 86 suara mendukung berbanding 50 menolak di majelis rendah parlemen negara itu. Ini menandai pertama kalinya seorang mantan perdana menteri dikecam oleh parlemen, meskipun mosi itu bersifat simbolis.

Morrison mengatakan ia hanya menggunakan kewenangannya dalam satu kesempatan, yakni memblokir proyek eksplorasi gas PEP-11 BPH Energy. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG