Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa, Jepang Puji Perjanjian Perdagangan Bebas


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (tengah) disambut oleh Presiden Dewan Eropa Donald Tusk (L) dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada awal pertemuan puncak Uni Eropa-Jepang di Brussels, Belgia 6 Juli 2017. (REUTERS / Francois Walschaerts)

Para pemimpin Uni Eropa dan Jepang memuji perjaniian mereka terutama mengenai perdagangan bebas antara kelompok ekonomi besar sebagai kebalikan dari proteksionisme yang tampaknya didukung oleh Amerika.

Para pemimpin itu dalam sebuah pernyataan mengatakan Uni Eropa dan Jepang “menunjukkan kepada dunia dan kepada rakyat kita bahwa perdagangan bebas dengan peraturan jelas dan transparan yang menghormati dan memperkaya nilai-nilai kita tetap merupakan alat penting untuk mendukung kemakmuran.

Menanggapi seruan proteksionisme, Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk mengatakan perjanjian politik yang dicapai hari Rabu menunjukkan bahwa “dunia tidak perlu mundur 100 tahun” ketika perdagangan terbuka belum menjadi umum. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan itu adalah “pilar utama dalam pertumbuhan ekonomi kita”. (my/isa)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG