Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Uni Eropa Bertemu di Tengah Merebaknya Tuduhan Spionase AS


Sebuah bendera Jerman berkibar di depan gedung parlemen Eropa di Brussels (21/10).
Sebuah bendera Jerman berkibar di depan gedung parlemen Eropa di Brussels (21/10).

Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle diperkirakan akan bertemu dengan Duta Besar Amerika John Emerson hari ini, Kamis (24/10)

Para pemimpin 28 negara Uni Eropa bertemu di Brussels hari Kamis, selagi kontroversi berkembang mengenai tuduhan bahwa Badan Kemananan Nasional Amerika (NSA) memantau komunikasi ponsel Kanselir Jerman Angela Merkel.

Menteri Luar Negeri Jerman Kamis pagi (24/10) memanggil Duta Besar Amerika untuk membicarakan hal itu. Menteri Luar Negeri Guido Westerwelle diperkirakan akan bertemu dengan Duta Besar Amerika John Emerson nanti hari ini.

Dalam pembicaraan telepon hari Rabu (23/10), Presiden Amerika Barack Obama memberitahu Kanselir Merkel bahwa Amerika tidak memantau, dan tidak akan memantau komunikasinya.

Pernyataan Gedung Putih menyebutkan kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kerjasama intelijen guna melindungi keamanan kedua negara dan sekutu mereka, dan privasi warga negara mereka.

Pernyataan juru bicara Kanselir Merkel menyebutkan Merkel menegaskan kepada Obama bahwa β€œia menilai praktek-praktek seperti itu benar-benar tidak dapat diterima dan mengutuk praktek semacam itu.”

Pemerintahan Obama selama ini membantah laporan berita mengenai banyak kegiatan intelijen Amerika, sementara negara itu menghadapi kecaman bertubi-tubi mengenai informasi yang baru terungkap bahwa Amerika memata-matai sekutu-sekutunya.

Laporan itu berasal dari dokumen rahasia yang dibocorkan oleh kontraktor NSA Edward Snowden, yang kini tinggal di Rusia.
​
XS
SM
MD
LG