Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin G-7 Bicarakan Aneksasi Krimea di Den Haag


Presiden Barack Obama (kanan) disambut Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans (kiri) setibanya di bandara Schiphol Amsterdam, Belanda, Senin (24/3).
Presiden Barack Obama (kanan) disambut Menteri Luar Negeri Belanda Frans Timmermans (kiri) setibanya di bandara Schiphol Amsterdam, Belanda, Senin (24/3).

Para pengamat mengatakan pertemuan itu tampaknya bertujuan untuk mengkoordinasikan sanksi-sanksi Barat yang dikenakan terhadap Moskow sejak pasukan Rusia menyeberang ke Krimea awal bulan ini.

Presiden Amerika Barack Obama berada di Belanda untuk menghadiri pertemuan darurat di Den Haag dengan pemimpin lain dari negara-negara industri G7 guna membahas tanggapan internasional atas aneksasi Rusia terhadap semenanjung Krimea. Pertemuan darurat itu berlangsung di sela-sela pertemuan puncak keamanan nuklir.

Para pengamat mengatakan pertemuan itu tampaknya bertujuan untuk mengkoordinasikan sanksi-sanksi Barat yang dikenakan terhadap Moskow sejak pasukan Rusia menyeberang ke Krimea awal bulan ini. Kelompok ini juga diperkirakan dapat mengevaluasi lebih lanjut kemungkinan tindakan balasan dari Moskow.

Obama dan Menteri Luar Negeri John Kerry akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Beberapa jam sebelum kedatangan Obama, Pasukan Rusia merebut kekuasaan atas sebuah pangkalan militer Ukraina di Krimea. Tentara Ukraina di pangkalan itu mengatakan tentara Rusia menyerbu kompleks di kota pelabuhan Feodosia dengan menggunakan granat kejut dan senjata otomatis.

Di Brussels hari Minggu (23/3)m, panglima tertinggi NATO memperingatkan bahwa Rusia telah mengerahkkan kekuatan militer “cukup besar” di perbatasan dengan Ukraina, dan mengatakan Moskow mungkin akan berusaha untuk memperluas jangkuan teritorialnya ke daerah baru.

Jenderal Angkatan Udara Amerika Philip Breedlove mengatakan Moskow mungkin sedang mengincar wilayah separatis kecil berbahasa Rusia di perbatasan barat daya Ukraina yang dikenal sebagai Transdniester.
XS
SM
MD
LG