Tautan-tautan Akses

Para Pejabat Tinggi China, Singapura Bertemu untuk Kukuhkan Hubungan


Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (kanan) dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Istana Kepresidenan di Singapura, 14 September 2021. (Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura via AP)

Diplomat tertinggi China, Selasa (14/9), bertemu di Singapura dengan perdana menteri negara-kota kaya itu, untuk mengukuhkan kembali pentingnya hubungan perdagangan dan diplomatik antara kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan ia melakukan diskusi produktif dan terbuka dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi yang mencakup perkembangan-perkembangan internasional dan regional.

“Singapura menyambut baik kontribusi berkelanjutan China di bagian dunia kami, dan akan terus bekerja sama dengan China untuk membangun dunia yang lebih harmonis dan damai,'' tulis Lee.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Wang dan Lee juga menegaskan “momentum positif dalam kerja sama kedua negara di tengah wabah COVID-19.''

Wang sedang dalam tur dinas resmi selama sepekan, dan telah mengunjungi Vietnam dan Kamboja sebelum lawatan kerja dua hari di Singapura. Ia diperkirakan akan mengunjungi Korea Selatan setelah Singapura.

Kunjungan Wang dilakukan beberapa pekan setelah Wakil Presiden AS Kamala Harris mengunjungi Asia Tenggara dan singgah di Singapura dan Vietnam. Media pemerintah China menggambarkan perjalanan Harris sebagai salah satu yang “berusaha mengadu domba negara-negara dengan China”.

Saat berada di Singapura bulan lalu, Harris mengkritik China atas tindakannya di Laut China Selatan, menggambarkannya sebagai intimidasi dan paksaan. Ia mengatakan bahwa AS akan mendukung sekutu dan mitranya dalam menghadapi ancaman China.

Pada Senin (13/9), Wang menelepon Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan.

Mereka membahas cara lebih lanjut untuk memperkuat hubungan antara kedua negara, termasuk memajukan kerja sama dengan China dalam proyek-proyek pemerintah Singapura dan menjajaki bidang-bidang kerja sama baru seperti ekonomi digital.

Balakrishnan juga menyambut baik minat China dalam Kesepakatan Komprehensif dan Progresif bagi Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), yang merupakan perjanjian perdagangan bebas antara 11 negara yang meliputi Australia, Kanada, Selandia Baru, Singapura, dan Vietnam.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pekan lalu bahwa negara-negara yang dikunjungi Wang adalah tetangga dekat dan mitra penting. [ab/uh]

Lihat komentar (2)

Recommended

XS
SM
MD
LG