Tautan-tautan Akses

Para Pejabat AS Bela Kebijakan Perdagangan Jelang Forum Davos


Orang-orang tiba untuk mengikuti acara Crystal Awards pada malam pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, Senin, 22 Januari 2018.

Menjelang kunjungan Presiden Donald Trump ke Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, sejumlah pejabat tinggi AS menyuarakan komitmen Amerika terhadap perdagangan bebas dan adil sementara bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan dari China terkait tarif impor baru yang diberlakukan AS.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Menteri Perdagangan Wilbur Ross melangsungkan konferensi pers Rabu (24/1), sementara delegasi AS ke Davos mempersiapkan kunjungan Trump satu hari setelahnya.

Rencana kunjungan Trump telah memicu sejumlah demonstrasi di Swiss. Para demonstran mengatakan, kedatangan Trump tidak diharapkan karena cuitan-cuitan kontroversialnya di Twitter, kebijakannya yang mendahulukan Amerika dan kebijakan-kebijakan perdagangannya yang menimbulkan kekacauan di luar negeri.

Trump dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya, Jumat (26/1). Segera setelah kedatangannya, Kamis (25/1), ia akan bertemu PM Inggris Theresa May, PM Isarel Benjamin Netanyahu, Presiden Rwanda Paul Kagame, dan Presiden Swiss Alain Berset. Ia juga akan melangsungkan jamuan makan malam untuk para eksekutif bisnis Eropa.

Menjelang kunjungannya, para pemimpin Eropa telah bersiap menyampaikan pesan yang akan mengonter kebijakan-kebijakan Trump. Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga akan berbicara pada forum itu. Mereka diperkirakan akan mengungkapkan bagaimana Eropa kini bangkit setelah bertahun-tahun mengalami krisis.

Raja Felipe VI dari Spanyol juga akan berpidato dan pernyataannya terkait Katalonia yang rusuh diperkirakan akan menarik banyak perhatian. [ab/uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG