Tautan-tautan Akses

AS

Para Elektor Presiden AS Dijadwalkan akan Konfirmasi Kemenangan Joe Biden


Presiden terpilih AS, Joe Biden

Para elektor presiden di seluruh Amerika Serikat yang memberikan suara dalam Electoral College pada hari Senin (14/12) ini, dijadwalkan akan secara resmi mengonfirmasi bahwa mantan Wakil Presiden Joe Biden mengalahkan Presiden Donald Trump dalam pemilihan bulan lalu untuk masa jabatan empat tahun sebagai pemimpin Amerika.

Biden, dari Partai Demokrat di kancah politik Amerika selama hampir setengah abad, kemungkinan akan memenangkan suara Electoral College dengan selisih 306-232, membuat Trump, dari Partai Republik, sebagai presiden AS kelima dalam sejarah 244 tahun negara ini kalah dalam kampanye untuk dipilih kembali setelah satu masa jabatan di Gedung Putih.

Pemungutan suara dari Electoral College biasanya merupakan formalitas rutin dalam kalender pemilihan presiden Amerika, tetapi sejak pemungutan suara nasional 3 November, Trump telah berulang kali mengklaim tanpa bukti yang kredibel bahwa pemungutan suara di negara-negara bagian utama di mana dia kalah dari Biden merupakan kekurangan. Trump dan para sekutunya sejauh ini telah kalah dalam lebih dari 50 tuntutan hukum di negara bagian-negara bagian medan pertempuran (di mana kekuatan kedua partai berimbang).

Trump mempertahankan pendapatnya menentang kemenangan Biden pada hari Minggu (13/12), dan mengatakan dalam cuitan di Twitter, “Negara Bagian yang telah menemukan KECURANGAN masif, TIDAK DAPAT SECARA HUKUM MENYERTIFIKASI hasil pemungutan suara ini sebagai lengkap & benar tanpa melakukan kejahatan yang dapat dihukum berat.” Dia mencuit ulang pernyataan itu pada Senin pagi ketika pemungutan suara Electoral College dimulai.

Biden berencana untuk berpidato pada Senin malam setelah pemungutan suara selesai. [lt/ka]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG