Tautan-tautan Akses

Panjat Gedung Tertinggi di London, “Spiderman” Ditangkap Polisi


Pemanjat asal Perancis, Alain Robert, atau yang dijuluki "Spiderman" mencoba memanjat Menara Heron di distrik bisnis London, Inggris, 25 Oktober 2018.

Polisi menangkap pemanjat bebas, Alain Robert, karena aksinya memanjat gedung tertinggi di Kota London tanpa tali pengaman, dianggap mengganggu ketertiban umum, Reuters melaporkan.

Pria berusia 56 tahun, yang dijuluki “Spiderman,” itu memanjat Menara Heron setinggi 230 meter dalam waktu satu jam, Kamis (25/10).

Polisi menahan kerumunan orang yang ingin melihat Alain memanjat gedung yang terletak di distrik bisnis London, hanya mengandalkan kapur dan kekuatan otot tangannya.

“Saya tidak gila,” kata Alain kepada Sky News, seperti dilansir Reuters, sebelum memanjat. “Yang saya lakukan mungkin tampak gila, tapi saya tidak segila itu.”

Ketika Alain mencapai puncak Menara Heron, polisi sudah menunggunya. Dia ditangkap karena mengganggu ketertiban umum dan sekarang dalam pengawasan, kata polisi.

“Tidak saja insiden tersebut sudah mengakibatkan gangguan terhadap aktivitas harisan di City of London, tapi juga menimbulkan level risiko yang signifikan terhadap keselamatan masyarakat di dalam dan sekitar Menara Heron pada saat itu,” kata Komandan Karen Baxter dari kepolisian Kota London.

Alain sudah menekuni hobi memanjat sejak usia 11 tahun. Dan berkat hobinya, Robert sudah memanjat lebih dari 150 pencakar langit di seluruh dunia, termasuk gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, Menara Eiffel, dan Gedung Opera Sydney.

Dia sering kali memanjat tanpa izin dan sudah ditahan beberapa kali karena memasuki gedung tanpa izin. [ft/au]

XS
SM
MD
LG