Tautan-tautan Akses

AS

Pandemi Meluas, Obama Kurangi Tamu Pesta HUT ke-60


Mantan Presiden AS Barack Obama merayakan HUT ke-60 hari Rabu, 4 Agustus 2021 (foto: dok).

Mantan Presiden Amerika Barack Obama hari Rabu (4/8) merayakan ulang tahun yang ke-60. Menurut rencana pesta ulang tahunnya akan dilangsungkan akhir pekan nanti di tempat peristirahatannya di tepi laut Massachusetts, namun seiring meluasnya perebakan pandemi virus corona ia terpaksa mengurangi skala perayaan dan bahkan jumlah tamu yang diundang.

Presiden dua periode dari Partai Demokrat yang meninggalkan Gedung Putih pada tahun 2007 dan mantan ibu negara Michelle awalnya telah mengundang 475 orang ke rumah mereka di Martha's Vineyard, tetapi kini membatasi daftar tamu hanya untuk keluarga dan teman dekat saja.

Pesta ulang tahunnya pertama kali direncanakan ketika jumlah kasus virus corona baru di Amerika turun tajam, sebelum kemudian meluas dengan cepat diantara warga yang tidak divaksinasi. Pesta itu akan digelar di Massachusetts, di rumah dengan tujuh kamar tidur yang dibelinya seharga 11,75 juta dolar pada tahun 2019 dari pemilik tim bola basket profesional Boston Celtics.

Daftar tamu pesta ulang tahun itu tadinya mencakup sejumlah pembantu presiden ke-44 itu, beberapa petinggi Partai Demokrat, dan bintang-bintang papan atas seperti George Clooney dan Oprah Winfrey. Namun kini belum diketahui siapa yang masih akan tetap diundang ke pesta itu.

Sejumlah tokoh Partai Republik mengkritisi pesta itu dengan mengatakan Obama mengabaikan lonjakan jumlah kasus COVID-19 di Amerika. Sementara Presiden Joe Biden justru mengecam para gubernur Partai Republik yang tidak setuju dengan keharusan mengenakan masker dan vaksinasi di negara-negara bagian mereka.

Juru bicara Obama, Hannah Hankins, hari Rabu mengatakan “karena perebakan varian baru delta selama seminggu terakhir ini, Obama dan Michelle memutuskan untuk mengurangi secara signifikan acara itu dan hanya akan menyertakan keluarga dan teman dekat. Ia menghargai orang-orang yang mengirimkan ucapan selamat ulang tahun dari jauh dan berharap dapat segera bertemu mereka.”

Mereka yang merencanakan pesta ulang tahun ini mengatakan acara itu akan mengikuti semua protokol kesehatan lokal, negara bagian dan federal, termasuk pengujian COVID-19 di lokasi.

Mantan wakil presiden Obama yang kini menjadi presiden, Joe Biden, diperkirakan tidak menghadiri pesta ulang tahun ini. [em/jm]

XS
SM
MD
LG