Tautan-tautan Akses

Pandemi Agenda Utama G7 Pekan Depan


Bendera negara-negara anggota G7. (Foto: AFP)

Inggris mengatakan pada Sabtu (13/2) akan menggunakan forum pertemuan para pemimpin G7 pekan depan untuk mengupayakan lebih banyak kerjasama global terkait distribusi vaksin virus corona dan rencana pemulihan pasca pandemi.

Perdana Menteri Boris Johnson, dilaporkan AFP, akan menjadi tuan rumah para pemimpin G7 dalam pertemuan virtual Jumat (19/2). Itu akan menjadi pertemuan perdana mereka sejak April 2020 dan pertemuan multilateral besar pertama bagi Presiden AS Joe Biden sejak menjabat.

Mereka akan bertemu di Cornwall di Inggris tenggara pada 11-13 Juni, setelah pertemuan tahun lalu di AS ditangguhkan karean pandemi.

Johnson berusaha keras mendorong profil Inggris pasca-Brexit dan sikap internasionalnya, setelah taktiknya dikritik karena negaranya berpisah dari Uni Eropa dan karena dukungannya terhadap mantan presiden AS Donald Trump.

Sebagai ketua G7, dia telah berjanji untuk memperbaiki koordinasi respon internasional terhadap pandemi, serta perubahan iklim sebelum Inggris menjadi tuan rumah konferensi iklim PBB, COP26, pada November.

"Solusi atas tantangan yang kami hadapi... ada dalam diskusi yang kami lakukan dengan para sahabat dan mitra di seluruh dunia," kata Johnson dalam pernyataan yang dirilis Sabtu (13/2) malam. [vm/ah]

XS
SM
MD
LG