Tautan-tautan Akses

Panda Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun ke-38


Usia panda bisa mencapai sekitar 110-140 tahun.
Usia panda bisa mencapai sekitar 110-140 tahun.

Seekor panda tertua di dunia yang ada di penangkaran, hari Minggu (16/8) merayakan ulang tahun ke-38 di kebun binatang Chongqing, di barat daya China.

Usia panda sebanding dengan usia manusia, yaitu sekitar 110-140 tahun.

Banyak warga lokal dan fans panda ini datang ke kebun binatang untuk bersama-sama membuat kue sangat besar yang berisi buah-buahan dan rebung. Mereka menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Xinxing, panda raksasa yang berulang tahun itu.

“Ia luar biasa. Selamat ulang tahun Xinxing! Sehat selalu dan panjang umur,” ujar seorang warga lokal.

Meskipun sudah berusia 38 tahun, Xinxing bertubuh sehat, dengan berat badan yang sangat terjaga yaitu antara 95-100 kilogram. Kebun Binatang Chongqing secara khusus membuat resep agar ia bisa makan lebih banyak dalam satu hari, tetapi dengan proporsi yang lebih sedikit setiap kali makan.

“Ada 3-4 staf yang merawatnya, dan staf lain membantu kapan pun dibutuhkan. Kami biasanya memotong-motong daun bambu sebelum memberikan kepadanya. Kami ingin menjaga berat tubuh Xinxing pada ukuran yang tepat untuk mencegahnya menderita penyakit-penyakit seperti obesitas, darah tinggi, kolesterol tinggi dan gula darah tinggi,” ujar Yin Yanqiang, direktur teknis rumah panda di Kebun Binatang Chongqing.

Chongqing dijuluki sebagia sebagai kota “sangat panas” pada musim panas. Untuk melindungi Xinxing maka staf kebun binatang hanya memperbolehkannya berada di luar ruangan pada pagi atau sore hari saja.

Ada kurang dari 30 panda di penangkaran itu yang berusia di atas 30 tahun. Xinxing telah melahirkan 10 bayi panda. Hingga akhir 2019 lalu Xinxing memiliki 153 keturunan yang hidup di lebih dari 20 negara dan kawasan, termasuk di Kanada, Amerika, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan Shanghai. [em/ii]

XS
SM
MD
LG