Tautan-tautan Akses

Palestina Umumkan Rencana Pembentukan Pemerintahan Persatuan


Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: dok).
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (Foto: dok).

Pembentukan pemerintahan persatuan antara Hamas dan Fatah akan menjadi langkah paling signifikan dalam tujuh tahun ini guna mengakhiri konflik politik di dalam Palestina.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Sabtu (31/5) mengatakan bahwa pembentukan pemerintahan persatuan antara Hamas dan Fatah di Palestina, akan diumumkan hari Senin (2/6).

Pemerintahan baru itu akan beranggotakan sejumlah teknokrat yang didukung kedua belah pihak dan akan menyiapkan pemilu tahun 2015. Pembentukan pemerintahan persatuan itu akan menjadi langkah paling signifikan dalam tujuh tahun ini guna mengakhiri konflik politik di dalam Palestina.

Presiden Mahmoud Abbas menambahkan Israel telah memberitahunya bahwa mereka akan memboikot aliansi baru kedua kelompok tersebut. Militan Islamis Hamas, yang merebut Jalur Gaza dari Abbas tahun 2007, dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh Israel dan pihak Barat.

Abbas juga mengatakan “pihaknya akan merespon apapun langkah Israel.” Ia tidak merinci pernyataan itu.

Seorang pejabat senior Israel, menurut laporan kantor berita AP, mengatakan langkah Palestina tersebut merupakan “langkah yang sangat jauh mundur,” tetapi ia tidak mengatakan apakah Israel akan mengambil tindakan.
XS
SM
MD
LG