Tautan-tautan Akses

Pakistan Tangkap Panglima Taliban


Tentara Pakistan dalam operasi militer melawan militan Taliban di kota Miranshah, Waziristan utara (9/7).
Tentara Pakistan dalam operasi militer melawan militan Taliban di kota Miranshah, Waziristan utara (9/7).

Adnan Rashid melakukan serangan bunuh diri yang gagal terhadap mantan presiden Pakistan, dan berperan dalam usaha pembunuhan Malala Yousafzai.

Militer Pakistan telah menangkap seorang buronan panglima Taliban yang pernah berusaha membunuh mantan presiden Pervez Musharraf.

Pihak angkatan darat mengatakan tentara menangkap Adnan Rashid pekan lalu di Waziristan Selatan, dekat perbatasan Afghanistan. Ia luka-luka dalam pertempuran dengan pasukan Pakistan.

Rashid adalah seorang bekas perwira angkatan udara Pakistan yang dijatuhi hukuman mati karena melakukan serangan bunuh diri yang gagal terhadap presiden waktu itu, Musharraf, pada 2003.

Ia melarikan diri dari penjara 2012 dan mengaku telah memainkan peran dalam usaha pembunuhan siswi Pakistan dan aktivis hak asasi manusia Malala Yousafzai.

Pasukan Pakistan melancarkan serangan di Waziristan Utara bulan lalu untuk menghalau Taliban dan militan al-Qaida yang telah bercokol dengan kuat di sana.

Para pejabat Pakistan mengatakan pertempuran itu telah mengakibatkan satu juta orang mengungsi dari rumah mereka dan bahwa usaha sedang berjalan untuk membagi-bagi bantuan kepada mereka.

XS
SM
MD
LG