Tautan-tautan Akses

Pakistan Protes Penangkapan Agen Pakistan di AS


Syed Ghulam Nabi Fai, Direktur Eksekutif Dewan Kashmir-Amerika yang ditangkap pihak berwajib AS (20/7).
Syed Ghulam Nabi Fai, Direktur Eksekutif Dewan Kashmir-Amerika yang ditangkap pihak berwajib AS (20/7).

Pihak berwenang AS menahan Syed Ghulam Nabi Fai, pejabat Dewan Kashmir-Amerika hari Selasa dan menuduhnya melakukan konspirasi.

Pemerintah Pakistan memrotes penangkapan di Amerika Serikat seorang pria yang dituduh bertindak sebagai agen Pakistan untuk mempengaruhi pembuat kebijakan Washington mengenai daerah Kashmir di Himalaya yang disengketakan.

Dalam pernyataan hari Kamis, Pakistan mengatakan nota protes telah disampaikan kepada kedutaan Amerika di Islamabad, terutama mengenai apa yang disebutnya “kampanye fitnah terhadap Pakistan.”

Kaum separatis Kashmir telah mengutuk dengan kuat penangkapan Syed Ghulam Nabi Fai. Pemimpin mereka Syed Ali Geelani mengatakan penangkapan itu dilakukan untuk kepentingan India sebagai bagian persekongkolan diplomatik. Ia dan kaum separatis lain menyerukan pemogokan di Kashmir yang dikuasai India hari Jumat untuk memrotes penangkapan itu.

Pihak berwenang Amerika menahan Fai, Direktur Eksekutif Dewan Kashmir-Amerika, hari Selasa dan menuduhnya melakukan persekongkolan gelap. Pria yang kedua, Zaheer Ahmad, juga dikenakan tuduhan tetapi tidak ditangkap karena ia diyakini berada di Pakistan.

Kejaksaan Agung Amerika mengatakan Fai melobi para anggota Kongres Amerika mengenai Kashmir dengan menggunakan 4 juta dolar dari pemerintah Pakistan, termasuk badan intelijen militer negara itu.

XS
SM
MD
LG