Tautan-tautan Akses

Pakistan: Pagar Perbatasan Afghanistan akan Selesai pada 2020


Pagar perbatasan di luar pos pemeriksaan Kitton di perbatasan dengan Afghanistan di Waziristan Utara, Pakistan, 18 Oktober 2017.

Pakistan, Selasa (5/11), mengatakan akan membangun pagar di perbatasannya dengan Afghanistan selambat-lambatnya pada akhir 2020. Pembangunan pagar pembatas diharapkan akan meningkatkan situasi keamanan di kawasan itu.

Program pembangunan besar-besaran yang dipimpin militer itu diluncurkan pada pertengahan 2017. Sepasang pagar kawat setinggi hampir tiga meter, dengan celah dua meter di antaranya dan ditutup kawat berduri, dipasang di sepanjang perbatasan, dengan total hampir 2.600 kilometer. Selain itu, ratusan pos dan benteng baru juga telah atau sedang dibangun di sepanjang perbatasan itu.

“Kami telah mencapai banyak kemajuan. Saya yakin kami dapat menyelesaikannya pagar perbatasan Pakistan-Afghanistan ini pada akhir 2020,” ujar Khusro Bakhtyar, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Pakistan, dalam konferensi pers di Islamabad, Selasa malam (5/11).

Pagar itu membentang di medan terjal dan pegunungan bersalju setinggi 12.000 kaki atau lebih dari 3.600 meter. Para pejabat memperkirakan rencana keamanan di perbatasan itu akan menelan biaya sekitar AS$500 juta.

Bakhtyar mengatakan setelah mengamankan perbatasan barat Afghanistan, pemerintahnya akan mulai membangun pagar yang kuat di sepanjang perbatasan dengan Iran, sekitar hampir 900 kilometer.

Para pejabat Pakistan berkeras bahwa program pembuatan pagar di perbatasan ini akan membantu mencegah penyusupan teroris dan gerakan penyelundup dari segala arah, guna mengatasi masalah keamanan bersama. [em/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG