Tautan-tautan Akses

Pakistan-Iran Sepakat Tingkatkan Keamanan Perbatasan


Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berkunjung ke Pakistan (Foto: dok).

Pakistan mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan Iran untuk memperkokoh keamanan di sepanjang perbatasan, di mana sejumlah orang bersenjata menewaskan 10 penjaga perbatasan Iran pekan lalu.

Perbatasan yang rapuh itu sering disusupi para penyelundup narkoba dan militan Islamis. Mereka bahkan tak sungkan menyerang para penjaga perbatasan yang berpatroli untuk memuluskan usaha mereka. Media Iran menuding serangan yang terjadi pekan lalu itu dilakukan teroris tanpa memberikan rincian lebih jauh.

Pakistan mengatakan, kesepakatan itu dicapai Rabu sewaktu berlangsung pembicaraan antara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang sedang melawat dan Menteri Dalam Negeri Pakistan Chaudhry Nisar Ali Khan.

Sebuah pernyataan pemerintah Pakistan mengatakan,kedua negara akan meningkatlan keamanan perbatasan melalui koordinasi yang lebih baik, program berbagi informasi intelijen yang lebih luas, dan interaksi yang lebih sering di antara para pejabat politik dan keamanan. Mereka juga sepakat menghidupkan kembali jalur komunikasi langsung antara kedua pasukan perbatasan untuk mengoordinasikan aktivitas mereka. [ab/as]

XS
SM
MD
LG