Tautan-tautan Akses

Pakistan akan Gelar Latihan AL Gabungan dengan Rusia dan NATO


Angkatan Laut Pakistan dalam latihan militer bersama di Laut Arab dekat Karachi, Pakistan (foto: dok).

Pakistan hari Senin (8/2) mengumumkan akan menyambut kedatangan tentara Angkatan Laut (AL) dari 45 negara, termasuk AS, China dan Rusia. Mereka akan melakukan latihan bersama di Laut Arab utara pada bulan ini.

Itu akan menjadi pertama kalinya dalam satu dekade di mana kapal-kapal AL Rusia menghadiri latihan dengan beberapa anggota NATO.

Para pejabat mengatakan latihan dua kali setahun multinasional "AMAN" (Damai) di perairan Pakistan itu bertujuan mempererat kerjasama internasional untuk memerangi pembajakan, terorisme dan kejahatan lain yang mengancam keamanan dan stabilitas maritim.

“Latihan AMAN bertujuan menjembatani kesenjangan dan memungkinkan operasi gabungan demi kepentingan bersama," kata Laksamana Muda Naveed Ashraf, komandan armada kapal Pakistan pada Senin (8/2).

Inggris, Turki, Bangladesh, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia dan negara-negara Uni Afrika juga akan berpartisipasi dalam latihan militer bertema "Bersama untuk Perdamaian."

Terakhir kali AL Rusia melakukan latihan militer gabungan dengan para anggota NATO adalah pada 2011 di perairan Spanyol.

Hubungan NATO dengan Moskow telah memburuk sejak Rusia menganeksasi Krimea di Ukraina pada 2014. [vm/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG