Tautan-tautan Akses

Osaka, Jepang Terpilih jadi Tuan Rumah World Expo 2025, Kalahkan Rusia, Azerbaijan


Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Denis Manturov (kanan) mengucapkan selamat kepada Menteri ekonomi dan perdagangan Jepang, Hiroshige Seko (kiri) setelah terpilih sebagai tuan rumah World Expo 2025 dalam acara di Paris, Jumat (23/11).

Osaka, Jepang akan jadi tuan rumah World Expo pada 2025, setelah mengalahkan Rusia dan Azerbaijan dalam persaingan untuk menyelenggarakan sebuah ajang yang diharapkan akan menarik jutaan pengunjung serta memperagakan ekonomi dan budaya negara tuan rumah.

Letupan kegembiraan dalam bahasa Jepang terdengar di auditorium di Paris itu, di mana 170 negara anggota dari Bureau International des Expositions melakukan pemungutan suara Jumat (23/11) dan memenangkan Osaka.

Menteri ekonomi dan perdagangan Jepang, Hiroshige Seko, juga hadir dan memimpin rekan-rekan senegaranya untuk merayakan kemenangan itu.

Di masa lalu, World Fair memperkenalkan struktur terkenal seperti Menara Eiffel, Ferris Wheel, dan Space Needle Seattle. Versi kini ditujukan pada upaya menemukan solusi atas tantangan-tantangan kemanusiaan.

Osaka mengusulkan sebuah pameran di sebuah pulau buatan dengan tema “Society 5.0” dan bagaimana robotics dan intelijen artifisial bisa menyumbang pada kesejahteraan publik.

World Expo diselenggarakan setiap lima tahun, dan bisa berlangsung sampai 6 bulan serta menghabiskan biaya jutaan dolar, namun bisa membuat sebuah kota menjadi terkenal karena dikunjungi oleh tamu-tamu internasional dan menarik perhatian. Milan menjadi tuan rumah pada 2015, sementara Dubai, di Uni Emirat Arab akan jadi tuan rumah pada 2020. [jm]

XS
SM
MD
LG