Tautan-tautan Akses

Laporan baru Human Rights Watch menyebut Presiden Mesir harus diselidiki atas pelanggaran HAM terkait dengan tewasnya lebih dari 1.000 demonstran tahun lalu.

Human Rights Watch mengatakan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi harus diselidiki atas kemungkinan melakukan pelanggaran HAM sehubungan pembunuhan demonstran tahun lalu di Kairo.

Dalam sebuah laporan baru, kelompok tersebut mengungkapkan kesimpulan penyelidikan selama setahun terhadap enam pekan penumpasan kekerasan terhadap demonstran yang menentang penggulingan mantan pemimpin Mohamed Morsi.

Lebih dari 1.000 orang tewas dalam apa yang disebut Human Rights Watch skala kematian demonstran yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika polisi dan pasukan keamanan secara sistematis dan sengaja menggunakan kekerasan berlebihan.

Laporan Human Rights Watch menyebut Sissi, yang ketika itu menjabat panglima militer harus diselidiki bersama dengan Menteri Dalam Negeri Mohamed Ibrahim dan Medhat Menshawy, yang memimpin pasukan yang melangsungkan operasi maut besar-besaran untuk membersihkan sebuah kamp protes.

XS
SM
MD
LG