Tautan-tautan Akses

OPEC Tunggu Rusia untuk Besaran Pemotongan Produksi Minyak


Logo Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) terlihat di markas OPEC di Wina, Austria, 5 Desember 2018.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) sudah merencanakan pemotongan produksi, tapi masih menunggu keputusan selanjutnya dari Rusia, produsen minyak non-OPEC, Reuters melaporkan, mengutip pernyataan para anggota delegasi, Kamis (6/12).

OPEC hari ini memulai pertemuan untuk membahas langkah menopang harga minyak yang masih dalam tren pelemahan.

Lima delegasi mengatakan OPEC masih menunggu berita dari Menteri Energi Rusia Alexander Novak yang sedang kembali ke Rusia dari Wina, untuk menghadiri pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Novak akan kembali ke Wina, besok, Jumat (7/12), untuk pembicaraan dengan OPEC, menyusul pembahasan di antara anggota OPEC, Kamis.

“Saya optimis akan ada kesepakatan. Tapi belum jelas berapa pemotongan produksi OPEC dan berapa Non-OPEC. Hal itu masih dalam pembahasan,” kata seorang anggota delegasi.

Tiga delegasi lainnya mengatakan OPEC dan para sekutunya akan memotong produksi sebesar 1 juta barel per hari, bila Rusia menyumbang pemangkasan produksi sebanyak 150.000 bph dari angka tersebut. Jika Rusia memotong produksi sebanyak 250.00 bph, keseluruhan pemangkasan produksi akan mencapai lebih dari 1,3 juta bph.

“Pemotongan akan sebesar antara 1 dan 1,3 juta bph. Kita hanya bisa menunggu bagaimana kuota pemotongan akan dibagikan,” kata anggota delegasi lainnya. [ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG