Tautan-tautan Akses

OPEC Perdebatkan Pemangkasan Produksi Lebih Jauh untuk Dongkrak Harga Minyak


Pertemuan para Menteri Perminyakan OPEC dan non-OPEC di Wina, Austria.
Pertemuan para Menteri Perminyakan OPEC dan non-OPEC di Wina, Austria.

Negara-negara produsen minyak yang tergabung dalam OPEC hari Kamis (5/12) melangsungkan pertemuan untuk memutuskan apakah akan lebih jauh memangkas produksi mereka guna mendukung harga BBM di seluruh dunia.

OPEC diharapkan akan memperpanjang pemangkasan produksi yang disepakati selama tiga tahun terakhir ini, dan sebagian pakar yakin negara-negara OPEC itu akan melakukan pemangkasan lebih jauh. Harga minyak mentah dalam beberapa tahun terakhir ini telah terpatok karena meningkat pesatnya pasokan dari negara-negara di luar OPEC, khususnya Amerika.

Penjualan saham perusahaan Aramco milik Saudi hari Kamis telah membuat Arab Saudi berada dalam posisi yang rentan karena mempertaruhkan volume produksi minyak yang akan mempertahankan harga, sambil sekaligus mempertimbangkan kepentingan para pemegang sahamnya. Sebagai produsen minyak terbesar, Arab Saudi telah memikul beban pemangkasan produksi yang ditetapkan OPEC.

Tetapi sebagian negara, seperti Irak, telah mengabaikan perjanjian itu dan memproduksi BBM lebih banyak dari jumlah yang diperbolehkan. (em/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG