Tautan-tautan Akses

Oklahoma Eksekusi Pelaku Pembunuhan Balita Tahun 1993


Richard Stephen Fairchild dalam foto yang dirilis oleh pihak berwenang Oklahoma. (Foto: Oklahoma Department of Corrections via AP, File)
Richard Stephen Fairchild dalam foto yang dirilis oleh pihak berwenang Oklahoma. (Foto: Oklahoma Department of Corrections via AP, File)

Pihak berwenang Oklahoma, pada Kamis (17/11), mengeksekusi seorang laki-laki yang telah menyiksa dan membunuh putra pacarnya yang masih berusia tiga tahun pada tahun 1993.

Richard Stephen Fairchild, yang berusia 63 tahun, diberi kombinasi tiga obat mematikan pada pukul 10.10 pagi di Penjara Negara Bagian Oklahoma di McAlester. Ia dinyatakan meninggal dunia pada pukul 10.24 pagi.

Fairchild, yang merupakan mantan marinir, dihukum karena membunuh Adam Broomhall setelah anak itu mengompol. Jaksa mengatakan Fairchild menahan kedua sisi tubuh Adam ke tungku yang membara, lalu melemparnya ke meja. Anak itu tidak pernah sadar kembali dan meninggal pada hari itu juga.

Sebelum dieksekusi, Fairchild mengucapkan terima kasih kepada pengacara dan staf penjara, serta keluarga Broomhall. “Hari ini adalah hari untuk Adam, keadilan untuk Adam,” ujar Fairchild.

“Saya telah berdamai dengan Tuhan. Jangan berduka untuk saya karena saya akan pulang untuk bertemu bapa surgawiku,” tambahnya.

Paman anak yang dibunuh itu, Michael Hurst, mengatakan jika masih hidup anak itu kini sedianya berusia 34 tahun. “Perjalanan panjang kami untuk mendapatkan keadilan akhirnya tiba,” ujar Hurst, yang juga merasa kaget ketika Fairchild mengungkapkan penyesalannya karena telah membunuh keponakannya.

“Ia tidak mengatakan itu dalam 30 tahun ini.”

Ketika menulis surat kepada Dewan Pengampunan dan Pembebasan Bersyarat di negara bagian Oklahoma, jaksa dari kantor jaksa agung Oklahoma menggambarkan pembunuhan anak laki-laki itu sebagai penyiksaan. Dewan itu menentang memberikan rekomendasi grasi bagi Fairchild, dengan suara 4 banding 1.

Eksekusi Fairchild adalah eksekusi yang ketujuh sejak Oklahoma kembali menerapkan hukuman mati pada Oktober 2021, dan salah satu dari empat eksekusi yang dijadwalkan secara nasional selama dua hari.

Eksekusi mati serupa juga dijadwalkan berlangsung di Alabama pada Kamis malam.

Eksekusi mati itu adalah yang ke-16 yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun ini, termasuk satu eksekusi di Texas dan satu di Arizona pada Rabu (16/11). [em/lt]

Forum

XS
SM
MD
LG