Tautan-tautan Akses

OECD: Ekonomi Negara-negara Maju Membaik


A pro-democracy demonstrator wakes from her tent in an occupied area of the Mong Kok district, Hong Kong, Oct. 16, 2014.
A pro-democracy demonstrator wakes from her tent in an occupied area of the Mong Kok district, Hong Kong, Oct. 16, 2014.

Laporan baru mengatakan bahwa perekonomian di negara-negara maju memperoleh momentum, sementara di negara-negara berkembang menjadi stabil atau menurun.

Organisasi bagi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) yang berbasis di Paris mengatakan, indikator-indikator ekonomi terkini menunjukkan bahwa perekonomian mengalami kemajuan di 17 negara pengguna euro, yang merupakan blok ekonomi terbesar di dunia, dan di Jepang serta Kanada. Ditambahkan, pertumbuhan makin mantap di Amerika Serikat dan Inggris.

Investasi di negara berkembang melemah dalam beberapa pekan terakhir, karena investor mencari laba yang lebih besar di Amerika Serikat. Suku bunga sekuritas Amerika Serikat naik selagi para pembuat kebijakan Bank Sentral mempertimbangkan apakah akan menghentikan insentif ekonomi, sehingga menyedot dukungan finansial untuk negara-negara berkembang.

Para pembuat kebijakan Bank Sentral Amerika akan bertemu pekan depan, dengan sebagian analis meramalkan bahwa mereka akan mulai menghentikan pembelian aset senilai 85 miliar dolar setiap bulan yang mereka lakukan untuk mendorong kepulihan ekonomi dari resesi tahun 2009.

Recommended

XS
SM
MD
LG