Tautan-tautan Akses

Obor Olimpiade Tiba di Jepang


Peraih medali emas Olimpiade tiga kali Jepang Saori Yoshida (kiri) dan Tadahiro Nomura (kanan) menyalakan api Olimpiade Tokyo 2020 dengan obori Olimpiade yang dibawa dari Yunani, di Pangkalan Angkatan Udara Matsushima di Higashimatsushima, Jepang, 20 Maret 2020.

Api Olimpiade tiba di Jepang, Jumat (20/3), dari Yunani. Kedatangannya di pangkalan udara Matsushima, di bagian utara Jepang, disambut acara sederhana.

Api yang dibawa dalam kontainer khusus itu mendarat di tengah-tengah keraguan yang makin meningkat bahwa Olimpiade Tokyo akan mulai berlangsung sesuai jadwal, 24 Juli, karena wabah virus corona.

Panitia penyelenggaran Olimpiade Tokyo dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan, pesta olahraga akbar itu akan dilangsungkansesuai jadwal, namun penundaan atau pembatalannya kini semakin dipandang sebagai opsi yang mungkin.

Api itu mencapai Jepang dengan menumpang sebuah pesawat berwarna putih yang bertuliskan ”Tokyo 2020 Olympic Torch Relay'' atau “Estafet Obor Olimpiade Tokyo 2020”. Dekat ekor pesawat juga ada tulisan “Hope Lights Our Way'' atau “Harapan Menerangi Jalan Kita.”

Saat tiba, sebuah kontingen kecil panitia penyelenggara menyambutnya. Dua atlit Olimpiade terkemuka Jepang, pegulat Saori Yoshida dan peyudo Tadahiro Nomura, yang masing-masing pernah meraih tiga medali emas Olimpiade – diberi kehormatan untuk menerima api itu.

Keduanya naik tangga khusus dan masuk ke dalam pesawat. Saat ke luar pesawat itu, mereka muncul dengan kontainer khusus bersi api Olimpiade. Mereka kemudian menyerahkannya ke ketua penyelenggara Olimpiade Jepang, Yoshiro Mori. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG