Tautan-tautan Akses

Obama Puji Kesepakatan Jurang Fiskal


Pidato mingguan Presiden Obama hari Sabtu (5/1) memuji kesepakatan jurang fiskal oleh Kongres AS pekan ini.
Pidato mingguan Presiden Obama hari Sabtu (5/1) memuji kesepakatan jurang fiskal oleh Kongres AS pekan ini.

Dalam pidato mingguan hari Sabtu, Obama memuji kesepakatan anggaran Kongres AS pekan ini, yaitu menaikkan pajak kelompok warga AS terkaya.

Presiden Amerika Barack Obama menyatakan ia telah menepati janjinya kepada Amerika dengan bekerjasama dengan Kongres guna mengubah ketentuan pajak yang ia nilai terlalu sering menguntungkan orang kaya dengan mengorbankan rakyat kelas menengah.

Dalam pidato mingguan hari Sabtu, Obama memuji kesepakatan anggaran bipartisan yang dicapai anggota Kongres pekan ini, yaitu menaikkan pajak orang-orang terkaya, yang merupakan dua persen dari rakyat Amerika, untuk pertama kali dalam 20 tahun. Menurut Obama, langkah tersebut menghindarkan kenaikan pajak terhadap kelas menengah yang bisa membuat ekonomi kembali jatuh ke dalam resesi.

Tetapi, Obama menambahkan, masih banyak yang perlu dilakukan pemerintah guna membuat rakyat Amerika kembali bekerja dan membuat negara mampu mengurangi utangnya.

Presiden Obama percaya pemotongan belanja bisa dilakukan tanpa memangkas anggaran sektor-sektor seperti pendidikan, pelatihan kerja, serta riset dan teknologi, yang ia nilai “sangat penting” bagi kemakmuran Amerika.

Sementara itu, dalam pidato tanggapannya anggota DPR fraksi Republik dari negarabagian Michigan David Camp mengimbau sejawatnya agar mencari cara-cara bertanggungjawab untuk menanggulangi apa yang ia sebut “pemborosan oleh Washington”.
XS
SM
MD
LG